banner 728x90

Ngobrol Santai Ala Mahasiswa, Kapolres Kutim Gelar Rembug bersama KNPI

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – Acara Rembug Kamtibmas yang diinisiasi Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo SIK, MM. bersama Ketua DPD KNPI Kabupaten Kutai Timur, Munir Perdana SH di apresiasi oleh H. Irwan, S.IP.M.P anggota komisi V DPR RI dari Partai Demokrat yang turut hadir di acara itu.

Acara bernuansa diskusi dan bincang santai tersebut diadakan di Cafe D’Atake Townhall Swargabara Sangatta. Rabu (04/03/2020).

Hadir dengan semua pengurus teras KNPI Kutim, Munir mengatakan dalam sambutannya, bahwa 18 DPC KNPI dan 68 Organisasi Kepemudaan yang terhimpun di KNPI Kutim siap berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta turut memerangi Bahaya Narkoba di Kabupaten Kutai Timur.

“Saya berharap agar semua yang hadir di acara ini, baik dari OKP (Organisasi Kepemudaan) dan dari perhimpunan mahasiswa agar turut andil memberikan saran dan usulan yang konstruktif untuk peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Sanggata dan kabupaten Kutai Timur pada umumnya. Karena pemuda adalah salah satu pilar negara”, kata Munir.

Demikian halnya dengan Kapolres Kutai Timur sewaktu memberikan paparan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat, menyatakan bahwa predikat Kabupaten Layak Pemuda (KLP) yang telah diraih KNPI Kutim pun Polda Kalimantan Timur termasuk dari 5 wilayah hukum teraman di Indonesia akan  menjadi tantangan berat dari segi keamanan dan ketertiban, karena dengan keberadaan IKN di Provinsi Kalimantan Timur semua aspek kedepannya akan mengalami perubahan baik dari perekonomian, gaya hidup, hingga kebudayaan.

“Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) akan menjadi penyangga IKN mendatang, Maloy akan menjadi pusat jalur perdagangan internasional sehingga akan berdampak secara langsung dari berbagai sisi. Indikator peredaran narkoba di Kaltim melalui perairan di berbagai wilayah, khususnya Kutim akan menjadi pusat transit dan peredaran yang tinggi, saya berharap seluruh elemen masyarakat bersama-sama memerangi narkoba”, ucap Kapolres Kutim.

Masih menurut Indras bahwa pemakai narkoba aktif mencapai 4,5 juta di seluruh Indonesia dan mengakibatkan kerugian negara sebesar 60 triliyun yang meliputi kematian, kemiskinan, dan kecelakaan.

“Di Kutim, sejak bulan Januari hingga bulan Maret 2020, sebanyak 13 kasus pengungkapan narkoba telah dilakukan pihaknya melalui satres narkoba bersama jajaran Polsek”, ungkap mantan Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Kaltim itu.

Lebih lanjut Indras pun ingin semua elemen kepemudaan dan para mahasiswa yang hadir memberikan suara dan gagasan mereka untuk dijadikan input positif bagi institusi Polri.

H.Irwan anggota DPR RI Provinsi Kalimantan Timur pun turut mewarnai diskusi dan bincang santai tersebut dengan memberikan pesan moral dan semangat kepada generasi muda di Kutai Timur.

Acara rembug kamtibmas diakhiri dengan penandatanganan Komitmen Bersama untuk memerangi bahaya Narkoba serta peningkatan kamtibmas antara DPD KNPI dan Polres Kutai Timur.

A.Febry fowell, SH.M.Pd ketua DPP BAKUDA Kaltim saat ditemui MTI  mengatakan sangat mengapresiasi acara REKAM tersebut.

“Rembug Kamtibmas tadi saya anggap itu bagus. Kegiatan yang sangat baik, tapi kita juga berkerjasama dengan aparat setempat lainnya. Jangan kita selalu berpatokan pada kepolisian untuk melakukan semuanya. Mari kita dukung dari pihak Polri yang ada di Kutim. Mari kita semua bersama bersinergi untuk meninggkatkan keamanan dan ketertiban dalam bermasyarakat agar kondusif Kaltim dan Kutim ini”, tuturnya. (Ried)

HUMAS POLRES KUTAI TIMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published.