banner 728x90

PELAKU TINDAK PIDANA PENGANIAYAAN ANAK DIBAWAH UMUR BERHASIL DIAMANKAN POLSEK KALIORANG

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – Minggu (18/02) Personil Polsek Kaliorang berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana Penganiayaan Anak dibawah Umur. Sesuai laporan yang diterima di SPKT Polsek Kaliorang dari bapak BAHARUDDIN (Ayah kandung korban) di kecamatan Kaliorang bahwa Korban berinisial (PRA) seorang Perempuan berusia 7 Tahun mengalami Penganiayaan oleh pelaku (VH) yang berstatus adalah Ibu tiri dari korban

Bapak BAHARUDDIN (Pelapor) melaporkan bahwa sekiranya pada pukul 17.30 Wita saat Pelapor baru pulang kerja, pelapor mendapati anaknya (PRA) didalam kamarnya sudah dalam keadaan terbaring di diatas kasur dan sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri, selanjutnya pelapor juga melihat terdapat luka memar pada bagian mata kiri dan kanan. Selanjutnya Pelapor keluar ke rumah untuk memanggil tetangganya Sdri. Nurbiah dan Sdra. Fahmi untuk meminta tolong di bantu membawa anaknya ke puskesmas Kaliorang. Setibanya di puskesmas atas pemeriksaan dan tindakan medis lainnya, tim medis puskesmas menyatakan bahwa korban sudah dalam keadaan meninggal dunia akibat luka benturan keras di kepala bagian belakang

Pelaku berinisal (VH) langsung diamankan oleh Personil Polsek Kaliorang di kediamannya yang beralamat di Jl. H.M Ardan Desa Kaliorang Kecamatan Kaliorang. Sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP / 01-A / II / 2020 / Kaltim / Res Kutim / Sek Kaliorang. Aturan tentang penganiayaan anak ini diatur khusus dalam Pasal 76 C UU 35/2014 yang berbunyi:

 Setiap Orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan Kekerasan terhadap Anak.

Dan jika ada yang melanggar pasal tersebut, ancaman hukumannya diatur dalam Pasal 80 UU No 35 Tahun 2014:

 (1)  Setiap Orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76 C, dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp72.000.000,00 (tujuh puluh dua juta rupiah).

(2)  Dalam hal Anak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) luka berat, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

(3)  Dalam hal Anak sebagaimana dimaksud pada ayat (2) mati, maka pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah).

(4)  Pidana ditambah sepertiga dari ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), dan ayat apabila yang melakukan penganiayaan tersebut Orang Tuanya.

Personil Polsek Kaliorang berhasil mengamankan 2(dua) Barang Bukti yaitu 1(satu) helai baju kaos lengan panjang warna biru dan 1(satu) helai celana panjang kain warna biru. Selanjutnya tersangka diamankan di Rutan Polsek Kaliorang sampai batas waktu yang ditentukan.

HUMAS POLRES KUTAI TIMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published.