banner 728x90

Polri Buka Penerimaan Polri TA 2021, Kabag Sumda Polres Kutim : Dibuka Hingga 1 April 2021

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka kesempatan bagi para pemuda pemudi Indonesia untuk bergabung, berkarir dan mengabdikan diri di Kepolisian.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 19 Maret hingga 1 April 2021. Hal itu dikatakan Kabag Sumda Polres Kutai Timur Kompol Sukirno, Selasa  (23/3).

Bagi masyarakat Kabupaten Kutai Timur khususnya yang berminat dan memenuhi persyaratan disilahkan untuk mendaftarkan diri.

“Ada tiga jenjang pendaftaran yakni Akpol, Bintara dan Tamtama Brimob serta Polair” Ungkapnya.

AKP Sukirno menuturkan, bagi yang berminat bisa langsung mengakses di website penerimaan.polri.go.id atau bisa datang langsung ke Bagsumda Polres Kutai Timur untuk mendapat kejelasan lebih lanjut terkait persyaratan yang harus dipenuhi serta mekanisme seleksi.

Kebutuhan personel dalam rekrutmen kali ini cukup besar. Pada jenjang Akpol jumlah peserta didik sebanyak 175 orang terdiri dari 145 pria dan 30 wanita.

Pada jenjang Bintara, peserta didik yang dibutuhkan sebanyak 10.650 orang terdiri dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus).

Sedangkan Tamtama kebutuhan peserta didik sebanyak 700 orang yang terbagi di dua kesatuan yakni Brimob sebanyak 500 orang dan 200 orang tamtama Polair.

Untuk Bakomsus ada 3 kategori yakni teknologi informasi (TI), perawat dan bidan.

Bintara kompetensi khusus TI lanjut AKP Sukirno diperuntukkan bagi lulusan SMK jurusan tehnik komputer jaringan, multimedia, tehnik komputer dan informatika, telekomunikasi, rekayasa printai lunak dan tehnik elektro.

Sedangkan bintara kompetensi khusus perawat dan Bidan dengan syarat berijazah D-III perawat/bidan dan sudah memiliki surat tanda registrasi (STR) yang masih berlaku dan IPK minila 2,75 serta prodi terakreditasi.

Proses seleksi dilakukan sistem gugur meliputi pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, tes psikologi tahap I, uji kesamaptaan jasmani, tes akademik meliputi pengetahuan umum, wawasan kebangsaan, bahasa inggris dan matematika, pemeriksaan kesehatan tahap II, tes psikologi tahap II, pendalaman PMK, pemeriksaan adminsitrasi akhir dan sidang terbuka penetapan kelulusan.

“Seluruh proses seleksi bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya apapun. Dalam pelaksanaan Seleksi, Polri menerapkan prinsip Betah yakni bersih, transparan, akuntabel dan humanis” Pungkas AKP Sukirno.

HUMAS POLRES KUTAI TIMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published.