SAT LANTAS POLRES KUTIM GELAR SOSIALISAI ODOL DAN BAHAYA MUATAN BERLEBIH

Satlantas Polres Kutai Timur menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD)  dengan melaksanakan sosialisasi tertib berlalu lintas dan imbauan tentang penertiban kendaraan Over Dimensi Over Loading (ODOL), Senin (14/2/2022). 

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Sepanjang Jalan Yos Sudarso terutama di pintu masuk Kota Sangatta Km.1

“Kegiatan Sosialisasi ini dalam rangka penertiban kendaraan ODOL di yang melintas di kota Sangatta dan sepanjang jalan Poros Provinsi yang menhubungkan Kota Sangatta menuju Kabupaten lain. Kami memberi imbauan kepada pengemudi truk untuk tidak mengangkut muatan berlebihan,” ungkap AKP FATAH.

Kasatlantas menjelaskan kegiatan KRYD dilaksanakan dengan cara humanis dan profesionalisme kepada sopir truk atau kendaraan ODOL sesuai dengan pedoman dan aturan.bilamana ditemukan kendaraan ODOL tidak menerapkan tertib berlalu lintas maka akan dilakukan tindakan sebagaimana aturan yang berlaku.Namun untuk saat ini, personil di lapangan memberikan tindakan berupa teguran dan imbauan.

“Kegiatan dilakukan dengan cara memberikan teguran dan imbauan kepada sopir truk ataupun pick up yang belum memahami pentingnya tertib berlalu lintas agar ke depan memperhatikan kapasitas muatan,” kata Tiwi.

Kasatlantas menambahkan bahwa personel dilapangan juga melakukan penempelan stiker imbauan larangan ODOL pada kendaraan angkutan barang.

“Kita lakukan penempelan stiker pada bagian kaca depan kendaraan. Tujuan agar pemilik kendaraan maupun sopir mengetahui adanya larangan ODOL serta adanya sanksi pidana,” ungkap AKP.Fatah

AKP Fatah menjelaskan terkait kendaraan pengangkut telah diatur dalam Pasal 307 Undang-Undang Lalu Lintas. Isinya, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor angkutan umum barang yang tidak mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan sebagaiama dimaksud dalam pasal 169 (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Share this:

About Satlantas Kutim

Check Also

PEMBAGIAN MASKER CEGAH PENYEBARAN COVID-19

Sat Lantas Polres Kutai Timur, melakukan Pembagian masker bagi masyarakat yang tidak menggunakan Masker, Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Alert: Content is protected !!