banner 728x90

Tak Takut Dengan Corona, ABG Gelar Balap Liar, Puluhan Lebih Motor Diamankan

TRIBRATAKUTIMNEWS.COM, – 24 Remaja dan juga 24 unit motor diamankan di Mapolsek Kongbeng setelah terciduk melakukan balap liar di jalan poros Kongbeng-Berau, Minggu (10/05/2020) Sore. 

Penggerebekan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut atas laporan masyarakat yang merasa terganggu akibat ulah negatif para remaja tersebut di tengah pandemi Covid-19 yang bertepatan dengan pelaksanaan ibadah puasa ramadhan. 

Dikonfirmasi terkait giat penggerebekan tersebut Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo melalui Kapolsek Ipda Hari Supranoto menyampaikan bahwa puluhan remaja yang terciduk melakukan aksi balap liar tersebut mendapat hadiah langsung berupa sanksi pendisiplinan dengan mendorong motor yang mereka pakai menggilas aspal hingga ke Mapolsek Kongbeng.

“Untuk efek jera atas tindakan mereka yang tidak bertanggung jawab dan dapat mencelakakan diri sendiri maupun orang lain, dan tidak mengulangi kegiatan negatif tersebut mereka kami beri sanksi pendisiplinan,” ucap Kapolsek. 

Ipda Hari juga menyampaikan setiba di Mapolsek para abg tersebut juga mendapat pengarahan serta pembinaan langsung dari personil Polsek Kongbeng, tak hanya itu mereka juga diwajibkan membuat surat pernyataan tidak akan kembali melakukan balap liar dengan didampingi orangtua masing masing.

Khusus bagi motor berknalpot racing, lanjut Kapolsek, pengendara diminta mengganti langsung dengan knalpot standart di Mapolsek Kongbeng.

Dalam kesempatan itu juga, Ipda Hari Supranoto juga memberikan edukasi kepada para orang tua pelaku balap motor untuk tidak membebaskan anaknya membawa motor, memberikan edukasi yang baik terkait kamseltibcarlantas dan meminta agar para orang tua tersebut lebih memperhatikan dan mengawasi anak anak mereka. 

“Orang tua pelanggar kami panggil dan kami himbau untuk memberikan nasehat serta mengawasi anaknya, mereka juga diwajibkan membawa surat-surat kendaraan berupa STNK dan BPKB, khusus bagi knalpot racing, malam ini juga saya minta diganti dengan knalpot standart,” tegasnya.

HUMAS POLRES KUTAI TIMUR